Thursday 11 June 2015

APEM SELONG

Resep APEM SELONG (Apem Ceylon)
resep  Ita-DapurGriyaKhayangan
Bahan:
Bahan Biang:
1/2 sdm ragi instan
1 sdm tepung terigu
1 sdm gula pasir
200 ml air kelapa
===> Diamkan kurang lebih 15 menit hingga berbuih
Bahan Adonan Apem:
250 gr tepung beras
175 gr gula pasir
350 ml santan kental
2 lembar daun pandan
1 butir telur (agar apem lebih terasa lembut)
1/4 sdt garam
Cara Membuat:
1. Rebus santan kental dengan daun pandan, didihkan dengan mengaduk2 jangan sampai santan pecah. Biarkan menjadi hangat. 
2. Siapkan wadah atau mangkok besar, masukkan tepung beras, gula pasir, garam halus, dan telur kocok, tuangkan santan kental yang sudah hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga gula larut.
3. Masukkan adonan biang yang sudah berbuih, uleni lagi dengan tangan hingga adonan halus dan licin. Menguleninya harus agak lama kurang lebih 15 menit, sambil adonan dikeplok2 diangkat/ditarik dan diturunkan dengan tangan. Kemudian istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
4. Siapkan wajan kecil dan cekung (sebaiknya yang anti lengket jika punya lhoo...) untuk memanggang, panaskan dulu sebelum dibuat memanggang dengan api yang kecil saja. Lalu tuangkan sesendok sayur adonan diatas wajan, tekan sendok sayurnya sambil sendok sayur diputar hingga membentuk pinggiran yang tipis dan bulat. Putar beberapa kali (bisa 3 kali memutar) agar terbentuk pinggiran kue apem yang rata dan agak tebal sehingga tidak mudah gosong. Tutup wajannya, tunggu sekitar 4 menit...buka tutupnya, bila sudah matang segera angkat, letakkan diatas nampan beralas daun pisang.

No comments:

Post a Comment