Tuesday 24 February 2015

BIKA AMBON


may's kitchen
Bahan
150 gram Tepung Sagu
100 gram Tepung Terigu segitiga biru
150ml Air Kelapa
6 gram ragi instant untuk pengembang
300 ml Santan.kental 
8 butir kuning telur 
1/2 sendok kecil vanili dan garam
250 gram Gula Pasir Putih.

Cara membuat 
Campur 100 gram tepung terigu dan ragi instan. Aduk sampai rata (wadah 1)
Masukkan  150 ml air kelapa ke dalam campuran tepung terigu+ragi , di aduk pelan pelan . Diamkan sekitar 20 menit

Ambil wadah lagi yang ukurannya lebih besar. Masukkan 200 gram gula pasir, 1/2 sendok garam dan vanili. Campur rata semua bahan tersebut menggunakan spatula. Masukkan satu persatu sambil di aduk 8 butir telur ayam ke dalam wadah ke dua. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.

Kemudian ambil adonan bahan di wadah pertama yang sudah didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Campurkan ke adonan di wadah kedua. Aduk sampai rata dan tambahkan 150gram tepung Sagu sedikit demi sedkit ampbil tetap di aduk.

Ambil 300 ml santan kental nya, masukkan sedikit demi sedkit de dalam adonan sambil tetap di aduk. Harap diperhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya semua bahan bahan di atas bisa menyatu dengan sempurna.

Untuk memastikan semua bahan tercmapur, saring adonan tadi menggunakan saringan dapur.
Diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya hasil jadi Kue Bika Ambon nya nanti mengembang dan keluar bentuk sarang tawon nya.

Panaskan oven terlebih dahulu.
Ambil loyang atau cetakan yang lain dan olesi minyak sedikit untuk menghindari kuenya lengket ke loyangnya.
Masukkan semua adonan terakhir yang sudah di saring diatas ke dalam cetakannya. Untuk hasil sempurna, yang harus diperhatikan adalah adonan tadi tidak perlu di aduk kembali. Cukup tuangkan ke dalam loayang.

Setelah dirasa oven sudah cukup panas, masukkan loyang ke dalamnya. Gunakan api sedang dan pintu oven biarkan terbuka sedikit. Hanya untuk menyalurkan hawa panas yang ada di dalamnya. Kalau pintu terlalu terbuka lebar, dikhawatirkan proses pemasakan Bika Ambon  nya lebih lama dan hasilnya tidak sempurna.
Panggang sekitar 7-13 menit sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan.

No comments:

Post a Comment