Saturday 25 October 2014

AYAM BUNGKUS PANDAN

may's kitchen
Bahan:
6 potong sayap ayam (aku pakai 1 ekor)
15 lembar daun pandan lebar, untuk membungkus
Bumbu perendam: (aku pakai 2 kali resep)
Campurkan rata,
1½ sdm akar ketumbar cincang(aku pakai biji ketumbar ) aku haluskan
4 lembar daun jeruk, iris halus (aku haluskan)
2 batang serai, iris halus (aku haluskan)
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt merica hitam bubuk
1 sdm gula palem
¼ sdt garam
2 sdm kecap asin
1 sdm wijen
50 ml santan kental
Dipping sauce:
Campur jadi satu dan aduk rata,
75 ml air matang
2 sdm gula palem
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm kecap ikan
3 cm jahe muda, cincang halus
3 buah cabai rawit merah, iris tipis
1 sdm wijen sangrai
Cara membuat
Buang bagian ujung sayap ayam, lalu potong dua menurut ruasnya. Tusuk-tusuk sayam ayam dengan garpu. Lumuri potongan ayam dengan bumbu perendam, diamkan selama 60 menit. ( setalah saya tusuk tusuk ayamnya langsung masak ayam + bumbu sampai bumbu meresap) terus saya diamkan kira kira 1 jam
Ambil selembar daun pandan, silangkan kearah belakang (jangan terlalu rapat) hingga membentuk rongga. Masukkan bagian daun sebelah kanan ke dalam rongga, balikkan.
Masukkan sepotong sayap ke dalam rongga sebelah kanan, lipat daun sebelah kanan ke kiri, lalu selipkan di bawah lipatan, tarik hingga rapat. Kerjakan hingga semua bahan habis.
Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan atau panic deep fry, masukkan ayam bungkus secara bertahap, goreng selama kurang lebih 5 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Hidangkan bersama sausnya.

Rahasia kelezatan resep ayam bungkus pandan ini terletak pada saat perendaman ayam dengan bumbu, rendam ayam paling sedikit 1 jam, lebih bagus apa bila rendam semalaman dalam lemari es , masak keesokan harinya 

No comments:

Post a Comment