Saturday 7 March 2015

EXTREMELY CHEESY SWISS ROLL


Resep punya  Sif oi

may's kitchen
Bahan :
50 gr mentega & 50 gr margarine, lelehkan, jangan sampai bening, asal leleh aja.. (bisa pake full mentega atau full margarine)
25 gr tepung terigu kunci/segitiga
30 gr maizena
1 telur utuh
8 kuning telur
80 gr gula pasir putih, boleh dikurangi jadi 60-70 gr kalo ngga suka manis
1 sdt tbm/sp/ovalette (saya pake tbm)
1 sdt vanilla extract (saya pake red bell)

Cara Membuat :
1. Olesi loyang 26*30*3 cm dengan minyak sayur, alasi kertas roti, olesi minyak lagi. Kertas roti lebih baik melebihi tinggi loyang sekitar 5-10 cm biar kue gampang diangkat.

2. Kocok semua telur, gula & tbm dengan speed tinggi hingga adonan kuning pucat.

3. Turunkan speed ke paling rendah. Masukin terigu & maizena bertahap sambil terus dikocok.

4. Masukin vanilla essence, kocok lagi sampai rata. Kalo udah rata matiin mixer.

5. Tuangkan mentega/margarine leleh, aduk pelan sampai rata.

6. Tuangkan adonan ke loyang & ratakan.

7. Panggang di oven sampai matang atau lapisan atasnya kering. Jangan kelamaan biar ngga terlalu kering. Saya pake oven gas Bima, untuk mengeringkan kulit/lapisan atas (biar ngga basah & lengket pas digulung), saya pake api atas keciiiiiil banget selama 3 menit. Kalo pake otang, taruh di rak paling atas. Masing2 oven beda perlakuan jadi saya ngga bisa bilang suhu berapa derajat & berapa lama. Yang penting pengovenan tidak lebih dari 20 menit karena roll cake ini tebalnya cuma kurang lebih 1 cm.

8. Keluarkan dari oven, sayat pinggiran kue biar lebih gampang dikeluarin.

9. Keluarkan kue dari loyang dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti. Taruh di cooling rack. Sisihkan sampai dingin.

10. Balikkan kue hingga bagian yang berkulit ada di bawah. Gulung dan padatkan kue. Puntir/ lipat rapat kelebihan kertas roti bagian kanan & kiri, sisihkan 30 menit.

11. Buka gulungan kertas roti pelan2, olesi kue dengan butter cream sampai rata, taburi keju. Gulung kembali sambil dipadatkan. Potong sesuai selera.

Tips:
Pas marut keju jangan maju mundur, cukup tekan keju ke parutan keju, dorong dengan sedikit ditekan sekali jalan aja.. Kejunya bakalan panjang2..

No comments:

Post a Comment